Pikiran Kedua

Sejarah Kita 
Jika mengingat kembali masa sekolah dulu, sejarah adalah pelajaran yang menarik bagiku. Tetapi ada beberapa orang yang menanggap sejarah adalah pelajaran yang membosankan dan tak berfaedah. Mungkin bagi mereka sejarah hanyalah sebuah hafalan yang rumit. Tak bisa dipungkiri, memang di dalam soal ujian, muncul soal-soal yang menanyakan informasi spesifik mengenai sebuah kejadian (nama tokoh, tanggal, serta tempat). Hal itu bagi beberapa orang sangat sulit. 

Walaupun sejarah membosankan atau rumit untuk dipelajari, sejarah itu penting. Seperti yang guruku sering sampaikan pada kami. Sejarah adalah sebuah pelajaran tentang kesalahan di masa lalu. Sejarah selalu berulang dan manusia sering gagal belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu. 

Benakku terketuk setelah tiba-tiba teringat oleh pesan guruku ini. kita seringkali lupa untuk belajar dari kesalahan-kesalahan kita di masa lalu yang acap kali kita lakukan yang merugikan hidup kita.


Ada baiknya untuk merefleksikan kesalahan-kesalahan apa yang telah kita lakukan dan menilik kembali apakah kesalahan-kesalahan tersebut masih kita lakukan. 

Janganlah menoleh ke belakang hanya untuk melihat pencapaian-penacapaian yang meningkatkan rasa keperkasaan diri kita. Cobalah untuk melihat kegagalan atau kesalahan yang sempat menjatuhkan kita dan jangan biarkan itu terulang kembali. 




Hidup adalah sebuah pembelajaran terus-menerus bagi manusia semasa ia menghembuskan nafasnya. 


salam hangat,
Ell 

Comments

Popular Posts